Saturday, May 4, 2013

FUNGSI ATAU KEGUNAAN BELAJAR SEJARAH


1.      Fungsi edukatif
Pengalaman-pengalaman sejarah di masa lalu yang menunjukkan keberhasilan dapat menjadi teladan untuk kita terapkan di masa sekarang atau bahkan kita tingkatkan di masa yang akan datang, sedangkan peristiwa kegagalan menjadi peringatan agar kita tidak mengulang kembali kesalahan yang sama. Dengan belajar sejarah kita menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak. Dalam bahasa Latin dikenal pepatah “Historia vitae magistra” atau dalam bahasa Inggris “History makes man wise” yang berarti sejarah membuat sesorang menjadi bijaksana.
2.      Fungsi instruktif
Dengan belajar sejarah kita seperti mendapat perintah dari pengalaman masa lalu untuk menggunakan cara-cara tertentu dalam menyelesaikan berbagai masalah yang kita hadapi sekarang. Contoh : cara perlawanan fisik bersenjata dan sendiri-sendiri antara daerah satu dengan daerah yang lain dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda tidak berhasil, maka digunakanlah cara-cara baru melalui organisasi pergerakan dan persatuan pemuda yang ternyata lebih efektif.
3.      Fungsi inspiratif
Dengan belajar sejarah memungkinkan kita mendapatkan ilham dari pengalaman masa lalu untuk berbuat sesuatu yang positif, kreatif dan konstruktif. Pendalaman terhadap suatu obyek atau peristiwa sejarah seringkali menggerakkan kita untuk berekspresi dengan tujuan untuk mengenang, mengagumi, menghargai bahkan membangkitkan kembali semangat yang terkandung dari peristiwa tersebut.
4.      Fungsi rekreatif
Dengan belajar sejarah kita dapat berekreasi, memperoleh penyegaran rohani, melalui berbagai kegiatan seperti: mengunjungi obyek sejarah, menonton film sejarah dsb.
5.      Fungsi justifikasi
Dengan belajar sejarah kita seperti mendapatkan pembenaran dalam melakukan upaya atau menggunakan cara tertentu untuk menghadapi dan menyelesaikan suatu persoalan.
6.      Fungsi penting lainnya
-          Memberikan kesadaran waktu
Kesadaran akan adanya gerak sejarah, dengan memandang peristiwa-peristiwa sejarah sebagai sesuatu yang terus bergerak dari masa lalu menuju masa kini dan terus berlanjut ke masa depan.
-          Memperkokoh rasa kebangsaan atau nasionalisme
Terbentuknya sebuah bangsa didorong oleh adanya kesamaan sejarah besar di masa lalu dan adanya kesamaan cita-cita untuk membuat sejarah besar bersama di masa yang akan datang.
-          Memberikan ketegasan identitas nasional dan kepribadian bangsa
Identitas nasional dan kepribadian bangsa terbentuk dari keseluruhan pengalaman sejarah bangsa tersebut. Kepribadian dan identitas nasional suatu bangsa akan berbeda-beda. David Gordon mengatakan bahwa, sejarah merupakan pengalaman kolektif masa lalu suatu bangsa. Kehidupan para tokoh yang dianggap sebagai pahlawan menjadi sumber identitas yang berpengaruh bagi perjalanan sejarah bangsa selanjutnya.

No comments:

Post a Comment