Pertama:
Rasa ingin tahu membuat pikiran
siswa menjadi aktif. Tidak ada hal yang lebih bermanfaat sebagai modal belajar
selain pikiran yang aktif. Siswa yang pikirannya aktif akan belajar dengan
baik, sebagaimana yang dijelaskan teori kontruktivisme, di mana siswa dalam
belajar harus secara aktif membangun pengetahuannya.
Kedua:
Rasa ingin tahu membuat siswa anda
menjadi para pengamat yang aktif. Salah satu cara belajar adalah yang terbaik
adalah dengan mengamati. Banyak ilmu pengetahuan yang berkembang karena berawal
dari sebuah pengamatan, bahkan pengamatan yang sederhana sekalipun. Rasa ingin
tahu membuat siswa lebih peka dalam mengamati berbagai fenomena atau kejadian
di sekitarnya. Ini berarti, dengan demikian siswa akan belajar lebih banyak.
Ketiga:
Rasa ingin tahu akan membuka
dunia-dunia baru yang memantang dan menarik siswa untuk mempelajarinya lebih
dalam. Jika ada banyak hal yang membuat munculnya rasa ingin tahu pada diri
siswa, maka jendela dunia-dunia baru yang menantang akan terbuka buat mereka. Banyak
hal yang menarik untuk dipelajari di dunia ini, tetapi seringkali karena rasa
ingin tahu yang rendah yang siswa miliki, membuat mereka melewatkan dunia-dunia
yang menarik itu dengan entengnya.
Keempat:
Rasa ingin tahu membawa
kejutan-kejutan kepuasan dalam diri siswa, dan meniadakan rasa bosan untuk
belajar. Jika jiwa siswa dipenuhi dengan rasa ingin tahu akan sesuatu, maka
mereka akan dengan segala keinginan dan kesukarelaan akan mempelajarinya.
Setelah memuaskan rasa ingin tahunya, mereka akan merasakan betapa
menyenangkannya hal tersebut. Kejutan-kejutan kepuasan ini akan meniadakan
perasaan bosan belajar.
Saturday, May 4, 2013
MENGAPA RASA INGIN TAHU ITU PENTING ?
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment