Tuesday, April 5, 2011

LAPORAN KARYAWISATA KELAS VIII 2010/2011

Pada tanggal 8 sampai dengan 12 Januari 2011 , SMPN 3 Semarang mengadakan karyawisata untuk semua murid kelas delapan. Tujuannya adalah daerah Jakarta, Bandung,dan Bogor. Selama kurang lebih empat hari murid kelas delapan berkunjung ke berbagai tempat . Diantaranya adalah :Tangkuban Perahu, Museum Geologi Bandung, PP IPTEK SUNDIAL , Istana Negara, ANCOL, Dufan , TMII, Planetarium .

Pada hari pertama , Tangkuban Perahu menjadi salah satu tujuannya . Kedatangan kami disambut udara yang dingin dan indahnya pemandangan disana . Banyak siswa yang merasa kedinginan karena tidak terbiasa dengan udara di sekitar pegunungan . Ada yang asyik berfoto , menikmati indahnya pemandangan Tangkuban Perahu, dan ada juga yang menyewa kuda . Semua siswa dan siswi senang dan sangat menikmatinya . Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Museum Geologi Bandung . Berbagai koleksi geologi dan pertambangan terdapat disana . Museum yang diresmikan tanggal 16 Mei 1929 semula adalah laboratorium yang memiliki berbagai koleksi batuan, mineral , meteorit , fosil, dan artefak . Koleksi unggulannya adalah manusia purba Homo Erectus , fosil gajah Stegodon trigonochepalus dan replika dinosaurus Tyranosaurus .

Tujuan wisata yang mengarah pada ilmu pengetahuan tidak hanya di Museum tetapi juga di PP IPTEK SUNDIAL. Tempat tersebut berisi alat – alat yang membantu penerapan ilmu pengetahuan alam ( IPA) . Atau dapat dikatakan menyerupai Taman Pintar di Yogyakarta dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta .

Setelah lelah seharian berkunjung ke berbagai tempat , siswa beristirahat di Wisma Graha Taman Mini Indonesia Indah. Kesokan harinya , setelah sarapan siswa dan siswi bersiap-siap menuju Istana Negara . Tentunya dengan mengenakan seragam OSIS . Istana Negara dibangun oleh Jendral Belanda Gustav Willem Baron van Roff pada tahun 1745. Dulu Istana Negara digunakan sebagai tempat tinggal Jendral-jendral Belanda . Pada tahun 1808-1811 Gubernur Jendral Herman Willem Daendels menambah sayap kiri dan sayap kanan. Luas Istana adalah 28,8 hektar dan luas bangunan hanya 1,8 hektar. Disana dilengkapi dengan rusa-rusa dari Nepal dan India yang dulunya hanya berjumlah 12 ekor atau 6 pasang dan sekarang telah berjumlah 850 ekor. Pada tanggal 10 Oktober 1834 Istana Negara terkena gempa bumi dan mengalami rusak berat sehingga daripada memakan biaya yang banyak untuk merenovasi akhirnya dibumi hanguskan . Dan dibangun kembali sejak 1850 hingga 1856 oleh Dwi Mayer van Twist . Akhirnya pada tanggal 31 Desember 1949 Istana Negara diresmikan kepada pemerintahan Indonesia .Yang terbagi menjadi 3 bagian ;

  1. bagian utama untuk acara-acara nasional
  2. bagian sayap kiri untuk bermalam tamu negara yang sejajar dengan mentri
  3. bagian sayap kanan untuk bermalam tamu negara yang sejajar dengan presiden

Di Istana Negara terdapat berbagai bangunan salah satunya adalah : Patung Tangan Tuhan yang merupakan pemberian Swedia, Patung Si Denok , dan Kaca Seribu.

Setelah mengetahui lebih dalam tentang Istana Negara murid kelas delapan menikamti berbagai wahana di ANCOL dan Dufan . Dimulai dengan atraksi Scorpion Pirates dan 4D di Gelanggang Samudera lalu dilanjutkan dengan bermain di Dufan. Semua murid diberi kebebasan untuk mencoba berbagai wahana disana selama kurang lebih 4 jam . Dan dilanjutkan dengan makan malam serta berbelanja di ITC Cempaka Mas. Esoknya , siswa dikejutkan dengan indahnya efek-efek proyektor yang membentuk bintang dan alam semesta di Planetarium . Perjalanan rekreasi pun usai . Akhirnya sekitar pukul 13.00 rombongan berangkat menuju ke Semarang .

Cukup sekian laporan yang dapat saya sampaikan . Mohon maaf atas kekurangannya .

Terima kasih .

No comments:

Post a Comment

Post a Comment