Tuesday, April 5, 2011

TAKE HOME TEST “KOMUNIKASI BISNIS” Tugas ini disusun untuk melengkapi nilai mata kuliah komunikasi bisnis

Soal :

1. Bandingkan Situs domestik dan asing sebuah perushaan multinasional.

· Apakah rancangan,isis dan navigasinya sama untuk situs domestic dan asing ?Identifikasi persamaan dan perbedaannya !

· Menurut kelompok saudara,apa saja yang harus dilakukan perusahaan ketika memutuskan untuk mengglobal lewat internet ? (dalam menyiapkan situs web)

2. Pilih sebuah perusahaan multinasional / global yang beroperasi di Indonesia,yang menerapkan budaya Indonesia dalam menjalankan bisnisnya

· Identifikasi cara yang digunakan

· Bandingkan dengan cara yang mereka gunakan di negara asal

· Analisis cara-cara tersebut (contoh : keseuaian dengan budaya local,efektivitas dll)

· Identifikasi kelebihan dan atau kerugian dari metode tersebut

Jawab :

1. Kelompok kami telah membandingkan dua situs dari perusahaan multinasional yaitu “Sony”.Perusahaan “Sony” berpusat di Jepang namun memiliki wilayah operasi di Indonesia,maka dari itu kami akan mnembandingkan situs dari perusahaan “Sony” di Indonesia dengan di negara asalnya Jepang.

Situs domestik : http://www.sony.co.id/

Situs asing : http://www.sony.net/

http://www.sony.co.id

http://www.sony.net/

Rancangan

· Gambar dan animasi flash terlalu banyak sehingga membuat situs lama untuk dibuka

· Gambar dan animasi bergerak cepat sehingga lebih menarik dan banyak informasi yang bis diserap

· Banyak menampilkan produk produk yang dijual

· Simple ,ada gambar tetapi tidak ada animasi flash tetapi ebih cepat dibuka

· Pergantian gambar tidak terlalu cepat tetapi update news terbaru lewt tulisan

· Menampilkan program program CSR atau rencana jangka panjang yang sedang dilakukan

Isi

· Informasi spesifikasi Produk

· Informasi tempat penjualan produk

· Informasi bantuan,baik berupa manual penggunaan maupun driver pada produk tertentu

· Informasi Event event dan promosi yang sedang dilakukan

· Informasi tentang nomer dan alamt pengaduan kritik dan saran yang bias dihubungi

· Informasi teknologi yang digunakan

· Informasi tentang CSR

· Informasi tentang lowongan karir

· Informasi tentang hubungan dengan investor

· Informasi tentang berita berita terbaru “SONY”

Navigasi

· Navigasi bisa menggunakan klik pada shortcut gambar maupun menu di bagian atas

· Terdapat kolom pencarian untuk mencari suatu kata pada web tersebut

· Terdapat Site Map untung melihat isi keseluruhan web

· Navigasi bisa menggunakan klik pada icon icon sperti loho laptop,handycam dll maupun gambar dan menu pada bagian atas

· Terdapat kolom pencarian dengan fitur advanced search untuk pencarian lebih mendetail

· Terdapat Site Map untuk melihat isi keseluruhan web

Setelah kami diskusikan dengan kelompok kami, untuk mebuat website perusahaan secara global yaitu dengan cara:

1. Jangan terlalu memikirkan tentang membuat website secara global yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahasa internasional yang benar dan mudah dimengerti oleh semua orang

2. Setelah membuat website dengan bahas internasional mulailah dengan membuat website serupa tepi dengan bahasa lain yang juga banyak digunakan oleh Negara lain, seperti spanyol ,mandarin, jepang

3. Pastikan website tersebut memiliki beberapa gambar yang menarik, tapi usahakan tidak berlebihan sehingga tidak membuat website terlalu berat

4. Iklankan website tersebut pada situs pencari terkenal,semisal google, yahoo,bing

5. Selalu gunakan teknologi terbaru untuk website tersebut agar selalu menarik dan tidak ketinggalan jaman

2. Dari banyaknya perusahaan Multinasional yang memiliki wilayah oeprasi di Indonesia kami memilih salah satunya adalah Carrefour.

Carrefour Cempaka putihCarrefour Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 1998 dengan membuka unit pertama di Cempaka Putih. Pada saat yang sama, Continent, juga sebuah paserba dari Perancis, membuka unit pertamanya di Pasar Festival.

Pada penghujung 1999, Carrefour dan Promodes (Induk perusahaan Continent) sepakat untuk melakukan penggabungan atas semua usahanya di seluruh dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel terbesar kedua di dunia dengan memakai nama Carrefour.

Dengan terbentuknya Carrefour baru ini, maka segala sumber daya yang dimiliki kedua group tadi menjadi difokuskan untuk lebih memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan kami.

Penggabungan ini memungkinkan kami untuk meningkatkan kinerja paserba - paserba kami, mendapat manfaat dari keahlian karyawan - karyawan kami di Indonesia dan di dunia, dan mengantisipasi terjadinya evolusi ritel dalam skala nasional dan global.

Fokus terhadap konsumen ini kami terjemahkan dalam 3 pilar utama kami, yang diyakini akan dapat membuat Carrefour menjadi pilihan tempat belanja bagi para konsumen Indonesia. Ketiga pilar utama tersebut adalah sebagai berikut :

* Harga yang bersaing

* Pilihan yang lengkap

* Pelayanan yang memuaskan

photopetaniDi bulan Januari 2008 PT.Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT. Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional yang siap untuk melayani para konsumen.

Konsep paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour yang dirancang untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga.

Ditambah dengan adanya fasilitas - fasilitas pelengkap seperti snack corner, food court, parkir gratis di paserba - paserba tertentu, bahkan dengan adanya garansi harga dan garansi kualitas, maka paserba Carrefour benar - benar merupakan tempat belanja keluarga.

Carrefour adalah pilihan belanja masa kini dan masa depan bagi konsumen di Indonesia dan di dunia.

Cara yang digunakan:

1. Dengan mengadakan promo promo setiap hari besar atau pada momen momen tertentu: misal, pada waktu menjelang lebaran memasang hiasan hiasan yang berkaitan dengan lebaran dan menjual kurma dan barang barang yang banyak dicari pada waktu lebaran.

2. Menggunakan lebih dari 70% produk local,yang dimaksud di sini adalah pemasok produk produk yang dijual di carefour adalah produk produk yang lagi musim di daerah tersebut, missal di sekitar semarang lagi musim duren, maka di carefour juga tersedia duren, karena mereka memakai pemasok local, bukan mengimpor dari luar

3. Menjual berbagai macam produk budaya dalam negeri, missal di carefour semarang menjual batik, ukiran ukiran, cobek batu, tahu bandungan dll

Perbandingan dengan cara yang digunakan di carefour luar negeri sebenaranya sama saja,carefour selalu menyesuaikan dengan budaya local setempat missal di carefour italia yang merupakan Negara yang dekat dengan vatikan, maka di sana juga banyak menyediakan produk produk yang banyak dicari di daerah tersebut missal bahan spaghetti, pizza, dan alat alat keagamaan karena kebetulan berdekatan dengan vatikan.

Cara- cara yang dipakai carefour dengan mempelajari budaya local baru mendirikan Toko retail sesuai dengan budaya setempat dengan cara mengambil pemasok local terbukti berhasil, masyarakat senagang dengan adanya toko modern yang menyediakan bahan bahan kebutuhan rumah tangga yang berhubungan dengan daerah tersebut yang biasanya hanaya dapat ditemui di pasar tradisional. Kesuksesan ini terbukti dengan bertambahnya berbagai gerai Carrefour di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Kelebihan dari metode yang dipakai Carrefour:

Masyarakat dapat menemukan barang local di pasar modern yang biasanya hanya ditemui di pasar local

Harga lebih murah karena memakai pemasok local, tidak import dariluar daerah

Kelemahan dari metode yang dipakai Carrefour:

Kadang kadang membuat konsumen bingung dengan pilihan produk yang terlalu banayak

Dapat mematikan pasar tradisional

No comments:

Post a Comment