BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ada banyak alasan mengapa Alfamart begitu memukau dan menyedot
konsumen untuk berdatangan, yaitu selain tempatnya yang nyaman (sejuk, bersih, dan luas), lokasi yang stategis (berada pada pusat kota), harga yang diberikan pun sangat bersaing dan tidak kalah pentingnya yaitu pilihan produknya yang juga begitu banyak. Di dalam Alfamart kita bisa mendapatkan mulai dari keperluan dapur hingga furniture, kebutuhan rumah tangga hingga perlengkapan kantor, dan produk fashion ataupun barang-barang elektronik. Waktu operasinya juga panjang hingga pukul 21.00 bahkan sesekali, menjelang Lebaran dan Tahun Baru, Alfamart buka hingga 24 jam. Beberapa Alfamart juga membuka layanan
antar sehingga pelanggan benar-benar telah menjadi raja.
Alfamart yang baru muncul sekitar satu dekade yang lalu, sudah terasa sangat akrab di dalam benak masyarakat Indonesia. Bahkan mulai merebut hati pelanggan melebihi toko-toko grosir tradisional. Telah diketahui bahwa pasar Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk memasarkan produk dan jasa. Konsumen Indonesia cukup cepat menerima masuknya suatu hal baru, seperti semakin maraknya mal -mal dan pasar swalayan di beberapa kota di Indonesia menjadi suatu hal yang sangat menarik untuk dimasuki oleh para pemasar. Seiring dengan semakin banyaknya gerai Alfamart di Indonesia, maka semakin kecil pangsa pasar yang dimiliki oleh masing -masing Alfamart.
Kesuksesan Alfamart adalah Alfamart yang mampu memenangkan pilihan
pelanggan dan mempertahankannya. Semarang merupakan tempat yang paling cocok untuk pengembangan bisnis ritel, karena sebagian besar penduduknya adalah pendatang yang mempunyai kesibukan tersendiri, misalnya adalah sekolah, kuliah, dan kerja. Dengan adanya Alfamart seperti Alfamart Cinde maka akan sangat membantu mereka para pendatang, dan sebaliknya bagi Alfamart Cinde akan cepat berkembang karena pertumbuhan penduduk Semarang, khususnya di daerah Cinde sangat cepat dan juga modern sehingga kemungkinan masyarakat untuk berbelanja di Alfamart sangat besar.
Dalam melakukan pemilihan tempat berbelanja, konsumen akan melihat beberapa dimensi atau faktor -faktor tertentu yang menunjukkan bahwa tempat belanja tersebut dapat memenuhi kebutuhannya baik secara material maupun psikologis yang nantinya akan membawa pada tingkat loyalitas pelanggan terhadap Alfamart. Alfamart yang merupakan tempat berbelanja yang sangat diminati oleh konsumen di era modern ini, harus memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dengan Alfamart atau supermarket lain sehingga konsumen tertarik untuk mengunjunginya dan bertransaksi di dalamnya. Demi menarik minat konsumen agar berkunjung dengan sendirinya ke dalam Alfamart, maka sebuah Alfamart harus membentuk suatu citra yang baik mulai dari segi tampilan fisik, pelayanan hingga suatu citra khas yang telah menjadi konsep Alfamart tersebut.
Pentingnya sebuah citra Alfamart akan membawa perusahaan tersebut kepada kesuksesan dan kelangsungan hidupnya. Citra Alfamart ini dapat dibentuk melalui berbagai dimensi yang kemungkinan besar akan selalu di lihat oleh para konsumen sebelum mereka berkunjung ke dalam sebuah Alfamart. Dimana dengan dibentuknya dimensi -dimensi tersebut diharapkan para konsumen akan tertarik berkunjung ke dalam Alfamart dan menjadi loyal terhadap Alfamart. Oleh karena i tu, dalam kesempatannya penulis melakukan sebuah penelitian dengan tema “Pengaruh Citra Alfamart terhadap Loyalitas Pelanggan pada Alfamart Cinde 1 Semarang”.
B. Perumusan Masalah
Dalam memutuskan tempat belanja yang tepat, pelanggan akan melihat bagaimana citra sebuah Alfamart ataupun tempat belanja lainnya sebelum masuk ke dalamnya. Hal ini dilakukan karena pada umumnya pelanggan akan sangat selektif dalam memilih tempat belanjanya demi tujuan menciptakan loyalitas terhadap Alfamart. Dari urai an di atas dan berdasarkan pada latar belakang masalah, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai
berikut:
1. Bagaimana pengaruh dimensi citra Alfamart kelengkapan produk terhadap
loyalitas pelanggan pada Assalaam Alfamart Cinde?
2. Bagaimana pengaruh dimensi citra Alfamart pelayanan terhadap loyalitas
pelanggan pada Alfamart Cinde?
3. Bagaimana pengaruh dimensi citra Alfamart kelengkapan fasilitas
terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Cinde?
4. Bagaimana pengaruh dimensi citra Alfamart lingkungan fisik terhadap
loyalitas pelanggan pada Assalaam Alfamart Cinde?
5. Bagaimana pengaruh dimensi citra Alfamart modern terhadap loyalitas
pelanggan pada Assalaam Alfamart Cinde?
6. Manakah variabel dimensi citra Alfamart yang paling dominan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Assalaam Alfamart
Cinde?
C. Pembatasan Masalah
Agar dalam penelitian ini permasalahannya tidak melebar terlalu luas, maka
diberikan batasan-batasan untuk pendekatan permasalahan agar lebih terinci
dalam pelaksanaanya yaitu:
1. Objek penelitian adalah “Alfamart” Cinde.
2. Populasi penelitian ini adalah para pelanggan “Alfamart”
Cinde.
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengidentifikasi pengaruh dimensi citra Alfamart kelengkapan
produk terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Cinde.
2. Untuk mengidentifikasi pengaruh dimensi citra Alfamart pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Cinde.
3. Untuk mengidentifikasi pengaruh dimensi citra Alfamart kelengkapan
fasilitas terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Cinde.
4. Untuk mengidentifikasi pengaruh dimensi citra Alfamart lingkungan fisik
terhadap loya litas pelanggan pada Alfamart Cinde.
5. Untuk mengidentifikasi pengaruh dimensi citra Alfamart islami terhadap
loyalitas pelanggan pada Alfamart Cinde.
6. Untuk mengidentifikasi manakah variabel dimensi citra Alfamart yang
paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Cinde.
E. Manfaat Penelitian
Ada beberapa manfaat dari penelitian ini, yaitu:
1. Peneliti: dapat memperkaya pengetahuan tentang perilaku konsumen, dan
mengaplikasikan konsep-konsep dan teori -teori mengenai citra Alfamart
dan loyalitas pelanggan khususnya pada “Alfamart Cinde”.
2. Perusahaan: hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pihak
manajemen Alfamart untuk memenuhi kepentingan perusahaan terutama dalam menciptakan loyalitas pelanggan melalui citra Alfamart.
3. Komunitas akademik: memberikan literatur mengenai citra Alfamart dan
loyalitas pelanggan, khususnya pada industri ritel (eceran).
F. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dijelaskan tentang latar belakang masalah,
perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat
penelitian, dan sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dijelaskan tentang berbagai teori yang relevan
dengan penelitian yaitu tentang manajemen pemasaran, penjualan
eceran, perilaku konsumen, citra perusahaan, loyalitas pelanggan , dan
penelitian terdahulu.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisi tentang kerangka pemikiran, hipotesis, populasi, sampel,
data dan sumber data, metodologi pengumpulan data, definisi
operasional variabel, pengukuran dan instrumen penelitian, dan
metode analisis data yang digunakan.
BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini menerangkan gambaran umum obyek penelitian,
gambaran populasi dan responden, analisis data, dan pembahasan dari
analisis data yang sudah dilakukan oleh peneliti.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan -kesimpulan yang ditarik dari
analisis data dan pembahasan, serta saran-saran.
No comments:
Post a Comment