Tuesday, April 5, 2011

Memprihatinkankah akhlak remaja masa kini?

Sering kali kita mendengar atau membaca dari media tentang kenakalan remaja macam macam saja tingkah juga ulahnya, ada yang bikin geng, ada yang suka mengeroyok temannya, dari masalah yang ringan sampai yang berat, dan kenakalan remaja ini dilakukan oleh putra maupun putri.

Akhlak remaja masa kini sungguh memprihatinkan.

Yang lebih memprihatinkan dari akhlak remaja masa kini adalah perilaku menyimpang seperti pergaulan bebas dan narkoba. Remaja yang terlibat narkoba rata rata melakukan hubungan pergaulan bebas atau hubungan layaknya suami istri di luar nikah.

Bahkan data dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah melakukan penelitian, tercatat 51 persen remaja yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang sudah pernah melakukan seks pra nikah, di Surabaya 54 persen, sedangkan Jogjakarta dari 1.160 mahasiswa yang diteliti 37 persen hamil diliuar nikah. Ini adalah angka yang sangat luar biasa.

Ada lagi informasi remaja yang diusianya masih dini telah melakukan beberapa kali aborsi. Informasi seperti ini tentunya membuat para orang tua memutar otak bagaimana cara untuk membentengi putra dan putrinya dari hal hal yang demikian.

Bergaul memang perlu tapi bukan berarti bebas tanpa batas tanpa menghiraukan norma norma yang ada. Hal ini sungguh sangat disayangkan sekali bila remaja sudah tidak mau lagi menjaga harga dirinya.

Tips Menghindari Pergaulan Bebas

Tips untuk menghindari pergaulan bebas ini harus ada kerja sama antara orang tua dan anak. Untuk orang tua agar dapat menanamkan nilai nilai agama kepada putra putrinya, setiap agama pasti tidak membenarkan perilaku yang menyimpang. Mengenalkan sejak dini hal hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan menurut agama.

Menjelaskan bahwa bila memiliki perilaku menyimpang akan ada akibat yang sangat dahsyat yang ditimbulkan, misalkan aborsi, dalam agama Islam aborsi itu dosa besar karena telah membunuh nyawa, biarpun itu masih dalam bentuk janin. Berhubungan suami istri di luar nikah juga merupakan dosa besar. dalam ajaran Islam jangan kan melakukan perzinaan, baru mendekati saja dilarang.

Misalnya, berduaan di tempat sepi itu salah satu contoh hal yang mendekati zina dan tidak boleh dilakukan. Sek bebas selain berdosa, orang yang melakukan perilaku ini bisa membahayaan dirinya sendiri yaitu dengan terjangkitnya penyakit kelamin. Bahkan yang lebih parah bisa terkena Aids penyakit yang sangat mengancam jiwa penderitanya.

Untuk anak remaja sendiri agar dapat menyadari hal hal yang dilarang, agar dapat berjuang untuk menghindari perilaku yang akan menjerumuskan ke dalam tindakan yang tidak dibenarkan.

Dianjurkan juga supaya tidak salah memilih teman, karena sering juga terjadi salah memilih teman akan berakiat fatal bagi pergaulan dan tingkah laku kita. Ibarat pepatah kalau kita dekat dekat penjual parfum maka akan ketempelan bau harumnya, dan juga bila kita dekat dekat penjual minyak tanah juga akan kecipratan bau minyak tanah.Kekompakan, saling pengertian, dan keharmonisan antara orang tua dan anak, mudah mudahan dapat menekan terjadinya tingkah laku yang menyimpang seperti pergaulan bebas yang marak dan nge-trend di kalangan remaja saat ini, sehingga ketakutan orang tua akan akhlak remaja masa kini dapat dihindari.

Bottom of Form

No comments:

Post a Comment